Perbedaan antara 2.1,5.1,7.1 pada Speaker atau Home Theatre

TechOctal - Sering kali kita melihat tulisan 2.1,5.1,7.1 pada sebuah iklan atau dus speaker/home theatre,pernahkah kalian berpikir apa artinya angka angka tersebut? di blog ini saya akan menjelaskan apa arti dan fungsi sebenarnya dari angka angka tersebut.


  • 2.1 Speaker System


sebuah 2.1 channel speaker terdiri dari:
  1.  2 Stereo Speaker ( kanan dan kiri )
  2.  1 Buah Subwoofer 
 2.1 secara harfiah berarti 2 Stereo Speaker dan  Subwoofer,tidak ada efek tambahan atau 3D Effect ataupun Surround Effect di channel 2.1.


  • 5.1 Speaker System


 sebuah 5.1 Channel Speaker terdiri dari:
  1. 1 Central Speaker
  2. 2 Surround Speaker
  3. 2 Stereo Speaker
  4. 1 Subwoofer
5.1 secara harfiah berarti 5 speaker dan satu sistem sub woofer.5.1 adalah system speaker yang mempunyai tingkat kepopuler tinggi saat itu.Speaker ber-Channel 5.1 Ini memberikan efek surround dan efek tambahan.5.1.Kebanyakan Sistem Home Theatre 5.1 menggunakan Dolby Digital 5.1 untuk pemutarannya.


  • 7.1 Speaker System
 

sebuah 7.1 Channel Speaker terdiri dari:
  1. 3 Central Speaker
  2. 2 Surround Speaker
  3. 2 Stereo Speaker
  4. 1 Subwoofer
Pada home theater 7.1 channel terdapat penambahan 2 channel dibandingkan dengan konfigurasi 5.1 channel. Semua channel-nya adalah channel discrete, yang berarti masing-masing channel berbeda satu sama lain dan berdiri sendiri. Kedua channel tambahan tersebut adalah channel surround samping kiri dan surround samping kanan.Dolby Labs bekerja sama dengan DTS Inc, untuk menghasilkan format surround sound untuk konfigurasi 7.1 channel.

  • Kesimpulan
Perbedaan antara ketiga Channel speaker diatas jelas sangat berbeda,untuk mendapatkan hasil suara yang lebih memuaskan lebih baik memilih Channel speaker yang memiliki lebih banyak Sound Bar-nya.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Perbedaan antara 2.1,5.1,7.1 pada Speaker atau Home Theatre"

    Posting Komentar